Senin, 07 Mei 2012

Gunung Kerinci semburkan asap putih


Gunung Kerinci semburkan asap putih

Gunung Kerinci.
"Aktivitas Gunung Kerinci masih status waspada."
Jambi - Gunung Kerinci yang merupakan tertinggi di Pulau Sumatera menyemburkan asap putih hingga setinggi 400 meter, kata Kepala Pos Pemantau Gunung Kerinci, Endra, ketika dihubungi dari Jambi.

"Hampir setiap hari Gunung Kerinci menyemburkan asap putih, apalagi dalam minggu-minggu terakhir ini. Aktifitas Gunung Kerinci dalam minggu terakhir ini, memang sering mengeluarkan asap tebal, dengan ketinggian 400 meter, asap yang dikeluarkan Gunung Kerinci pengaruh dari air hujan,".

Sejak beberapa hari terakhir tidak terlihat adanya aktivitas menonjol di Gunung Kerinci, dan hanya ada beberapa gempa vulkanik, serta gempa hembusan yang terjadi.

Sekarang ini hanya ada sembilan kali gempa vulkanik dalam sebulan dan 3.994 gempa hembusan dalam sebulan. Sementara untuk aktifitas Gunung Kerinci sekarang ini tidak ada peningkatan status.

Selain itu, aktivitas Gunung Kerinci tidak ada berpengaruh terhadap aktivitas gunung lain atau ada gempa yang terjadi pada Sumbar sebelum ini.

Gunung Kerinci terletak di Kecamatan Kayuaro Kabupaten Kerinci, Jambi, merupakan gunung tertinggi di Sumatra dengan kawah tipe strato yang masih aktif dan memiliki kawah seluas 400 x 120 meter dan berisi air berwarna hijau.

Gunung berapi itu masuk dalam Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) seluas 1.484.650 hektare yang terletak di empat provinsi, sebagian besar taman nasional terletak di wilayah Jambi.

Kerinci terhimpit di antara dua pegunungan di barat dan di timurnya. Kerucut yang paling muda gundul dan kawah gunung ini terletak di timur laut sisa dinding kawah berapi (3655 hingga 3649 meter di atas permukaan laut/ mdpl). Gunung Kerinci termasuk gunung berapi yang masih aktif, dengan ketinggian 3.805 mdpl.


 http://www.antaranews.com/berita/309309/gunung-kerinci-semburkan-asap-putih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar